Apa itu SEO, Pengertian SEO Adalah, Konsep Dasar SEO, Jenis-jenis SEO, Panduan Lengkap SEO Untuk Pemula

Apa itu SEO? Pengertian, Manfaat dan Konsep Dasar Search Engine Optimize

Tahukah Anda apa sih SEO itu? Apakah Anda juga sudah tahu bagaimana cara kerja dan konsep dasar optimasi mesin pencari itu? Bagi para newbe atau pendatang baru pastilah masih sangat awam dan belum tahu apa itu Search Engine Optimize, Seperti apa konsep dasar dari SEO dan apa sih manfaat dari SEO itu?

Secara sederhana, manfaat dari SEO adalah agar website atau blog lebih gampang untuk mendapatkan ranking yang tinggi dari hasil pencarian di Google. Bagaimana dengan tanggapan Anda? Apakah menurut Anda juga demikian?

 

Pengertian SEO

Search Engine Optimize atau yang disingkat SEO adalah cara optimasi sebuah website/blog agar bisa mendapatkan peringkat teratas dari hasil pencarian di mesin pencari seperti Google, Yahoo dan Bing. Semakin tinggi ranking pencariannya, maka potensi trafik organik yang didapat juga meningkat.

Selain agar dapat menghasilkan trafik organik yang tinggi, dengan melakukan optimasi mesin pencari juga bisa membantu Anda mendapatkan trafik yang tepat. Jadi Anda tidak hanya fokus pada trafik tinggi, tapi juga mendapat trafik yang tepat sesuai dengan tujuan utama website Anda.

Namun, untuk bisa memperoleh trafik yang tinggi dan tepat sasaran, Anda juga perlu mengikuti aturan-aturan yang sudah ditetapkan oleh mesin pencari seperti Google. Anda wajib memahami bagaimana cara kerja dari SEO, algoritma Google dan indikator utama SEO. Semua itu akan dibahas dan bisa Anda pelajari pada bab-bab di bawah ini.

 

Cara Kerja SEO

Mesin pencari menggunakan algoritma tertentu dalam penentuan konten mana yang paling layak menempati ranking teratas hasil pencarian. Hal ini berlaku untuk semua mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing maupun Duckducgo.

Dalam panduan ini, Sinda Harjaya tidak akan membahas algoritma di setiap mesin pencari. yang akan dibahas adalah algoritma Google. Karena saat ini Google menguasai 90 persen pangsa pasar mesin pencari di seluruh dunia. Jadi Sinda Harjaya akan membahas Cara Kerja SEO, Algoritma Google sebagai acuan kita lebih lanjut.

Google merupakan salah satu mesin pencari yang selalu memperbaharui algoritmanya untuk memberikan hasil pencarian yang paling relevan.  Sejak tahun 2011 sampai sekarang, setidaknya telah ada delapan major update algoritme Google.

Anda diharuskan untuk rajin mengupdate algoritma Google.  Sebab algoritma lama Google sudah tidak memberikan manfaat lagi. Taktik lama seperti keyword stuffing sudah tidak bisa diandalkan lagi untuk saat ini.

Keyword stuffing adalah praktik menggunakan fokus pada keyword atau kata kunci sebanyak-banyaknya dalam sebuah artikel.  Sebelumnya mungkin cara ini sangat efektif.

Pembaruan algoritma Google saat ini justru bisa mengakibatkan pinalti jika Anda tetap saja menggunakan taktik keyword stuffing, karena konten yang Anda buat akan terbaca sebagai spam kalau menggunakan terlalu banyak pengulangan kata kunci tertentu.

lantas langkah optimasi seperti apa yang paling sesuai dengan algoritma Google terbaru? Ada delapan indikator SEO berdasarkan Algoritme Google terbaru, mulai dari struktur URL hingga kecepatan website.

 

8 Indikator Utama SEO

Indikator utama SEO selalu saja berubah dengan berkala.  Perubahan tersebut tergantung pada algoritma Google. Jika Google memperbaharui algoritmanya, maka indikator SEO pun berubah.

1. Struktur URL

Struktur URL yang sederhana akan memudahkan mesin pencari untuk mengenali website Anda dan topik utama yang Anda bahas. Sebaiknya buat struktur URL yang sederhana, cukup masukkan nama domain dan judul artikel. Contoh: https://digitalmarketing.sindaharjaya.com/judulkonten

2. Penggunaan SSL/TLS

Mulai dari tahun 2014, Google akan mengutamakan website-website yang menggunakan SSL/TLS.  Karena website yang menggunakan SSL/TLS akan mengenkripsi semua transfer data yang terjadi di website. Sehingga lebih menjamin keamanan data dari pengguna.

Selain itu, Google Chrome telah membuat tanda website tanpa SSL/TLS sebagai website yang tidak aman. Website Anda masih belum menggunakan SSL/TLS? sekaranglah waktunya yang tepat untuk mengunakan dan mengaktifkannya.

Ingin tahu bagaimana cara mendapatkan dan aktivasi SSL/TLS Gratis? Selengkapnya bisa Anda baca pada Panduan Kami berikut ini: Panduan Cara Memasang dan Aktifkan SSL Gratis Untuk Website Anda.

Cara mengetahui apakah website Anda telah menggunakan SSL/TLS atau belum bisa dengan melihat alamat website Anda di browser. Kalau masih diawali HTTP berarti belum menggunakan SSL/TLS. Website yang sudak terpasang dan aktif SSL/TLS website akan diawali dengan HTTPS atau Anda bisa melihat logo gembok warna hijau seperti jika Anda lihat pada URL panduan ini.

3. Topik Konten

Pastikan Anda punya beberapa topik utama yang saling berhubungan agar dapat membangun struktur website yang baik.  Selanjutnya, setelah Anda menentukan beberapa topik utama, barulah buat konten mengenai topik-topik yang sudah Anda tentukan tadi.

Contoh, Anda punya blog dengan Niche travelling. Minimal pilih beberapa topik utama seperti jalan-jalan, tempat kuliner pilihan, penginapan. Ketiga topik tersebut saling keterkaitan dengan topik utama blog Anda, yaitu Travelling.

Semakin jumlah konten yang membahas topik yang saling berkaitan mencukupi, semakin besar kesempatan website Anda akan muncul di halaman pertama hasil pencarian topik tersebut. Karena website yang menggunakan konten dengan topik saling berkaitan lebih mudah dikenali oleh mesin pencari.

4. Search Intent

Satu kata kunci bisa digunakan untuk dua hal yang berbeda atau lebih. Search intent atau maksud pencarian adalah apa yang diinginkan oleh kebanyakan pencari dari suatu pencarian menggunakan kata kunci tertentu.

Misal, ketika kamu memasukkan kata kunci “bola” di mesin pencari Google, maka hasil dari pencarian yang akan Kamu dapatkan akan menampilkan berbagai portal berita mengenai bola seperti:

Panduan SEO, Apa itu SEO, Konsep Dasar dan Pengertian SEO

Jika kita lihat contoh gambar di atas, bisa dilihat bahwa bukan website yang menjelaskan pengertian bola yang dimunculkan di halam 1 pencarian, tetapi ternya mayoritas pencari kata kunci bola cenderung mencari informasi berita seputar pertandaingan bola.  Demikian juga dengan kata-kata kunci lainnya bisa kita gunakan hal yang sama.

5. Struktur Konten

Selain penyesuaian konten dengan penggunaan search intent, Anda juga wajib membuat konten yang mudah dipahami. Buat pembaca mudah memahami dan menemukan jawaban yang pembaca butuhkan lewat konten yang Anda muat dengan struktur yang jelas dan lebih rapih.

Anda bisa menggunakan heading dan subheading untuk poin-poin penting dalam konten Anda. Bisa juga dengan menambahkan foto, gambar ilustrasi, infografik atau mungkin dengan menambhakan video sebagai alat bantu agar pembaca Anda lebih memahamai konten yang Anda bagikan.

6. Meta Tags

Apa sih Meta Tags itu? Meta tag merupakan deskripsi yang bisa Anda lihat di halaman hasil pencarian saat kamu lagi berselancar di dunia maya.  Salah satu cara yang bisa digunakan untuk meningkatkan peringkat dan trafik pengunjung website Kamu yaitu bisa dengan cara melakukan optimasi pada meta tags konten yang akan kamu buat.

Meta tags itu sendiri terdiri dari title tag atau judul dan meta description atau deskripsi dari topik pembahasan konten Kamu.  Meta tags sangat membantu Google untuk memahami keseluruhan isi dari konten dalam sebuah halam website.  Oleh karena itu buatlah pengaturan pada tittle tag dengan judul yang tidak terlalu panjang, karena Google akan secara otomatis akan memotongnya sesuai dengan batas ukuran judul yang dipersyaratkan oleh Google.  Selanjutnya, isilah bagian meta description dengan merangkum topik yang akan dibahas. terdiri dari 120 hingga 130 karakter.

Belum tahu bagaimana Cara Mengoptimasi Meta Tags? Silahkan Baca dan pelajari: Panduan Lengkap Cara Mengoptimasi Meta Tags Untuk Meningkatkan Rating dan Trafik Website Kamu.

7. Backlink

Backlink juga menjadi salah satu faktor penting menentukan rating dan trafik pengunjung website Kamu.  Semakin banyak backlink yang sesuai ke website kamu, maka Google akan menilai website Kamu punya kredibilitas yang cukup tinggi dan terpercaya.  Akan tetapi, jika backlink yang kamu miliki dalam website kamu juga harus backlink dari blogs/website yang berkualitas bukan berasal dari website berkualitas rendah.

8. Kecepatan Website

Kecepatan loading sebuah website juga sangat berperan penting dalam SEO.  Dari tahun 2018, Google sudah menetapkan kecepatan loading website (baik di desktop maupun perangkat mobile) sebagai salah satu faktor penentu indikator utama search engine optimize.  Semakin cepat loading website Kamu, makin besar peluang untk menduduki peringkat teratas di mesin pencari Google.

 

Jenis-Jenis Search Engine Optimize (SEO)

Ada dua jenis SEO, pertama SEO on page dan yang kedua SEO off page. Keduanya saling berkaitan dan juga sama-sama pentingnya untuk membantu meningkatkan rangking website Anda semakin maksimal.

SEO On Page

SEO on page adalah langkah-langkah mengoptimasi yang dilakukan pada website Kamu.  Beberapa langkah optimasi ini meliputi: permalink, judul konten, struktur konten, penggunaan heading, kecepatan website, tema responsif sampai dengan internal linking.

Selengkapnya Kamu bisa baca panduan Kami yang berjudul: Panduan Lengkap Cara Optimasi SEO On Page.

SEO Off Page

Beda dengan SEO On Page, SEO Off Page merupakan sejumlah langkah optimasi yang dibuat dari luar website Kamu.  Kamu mengoptimasi konten dan website saja belum cukup.  Karena masih banyak faktor di luar website yang bisa mempengaruhi kualitas SEO Kamu.

Salah satu contohnya yaitu Backlink atau inbound link. Backlink menjadi indikator yang bisa dijadikan sebagai rujukan website lain.  Makin banyak website lain yang merujuk ke konten yang ada pada website Kamu maka Google akan menilai website kamu memiliki kredibilitas terpercaya sehingga berpeluang meningkatkan peringkat teratas dan trafik pengunjung secara organik ke website Anda.

Bukan hanya Backlink saja, masih ada beberapa faktor penting yang lain untuk SEO Off Page. Kamu bisa baca selengkapnya pada Artikel Kami yang berjudul: Panduan Lengkap Cara Optimasi SEO Off Page.

Kesimpulan

Kenapa SEO sangat penting untuk Wesbite? SEO bukan lagi pilihan, tapi kewajiban untuk semua jenis website. Sehingga setiap pemilik website wajib mengikuti langkah-langkah optimasi yang tepat agar siap bersaing untuk menduduki peringkat teratas hasil pencarian pada mesin pencari seperti Google.

Mengapa langkah optimasi itu sangat penting? Apa saja manfaatnya untuk Website Kamu?

  1. Mesin Pencari adalah Sumber Informasi.
  2. Trafik Didominasi Konten di Halaman Pertama.
  3. Website Kamu Ditemukan Melalaui Berbagai Kata Kunci.
  4. Brand Awareness dan Kredibilitas Meningkat.
  5. Trafik Organik Lebih Mudah di Konversi.

 

Sudah Siap Untuk Menerapkan Optimasi SEO Pada Website Anda?

Demikianlah penjelasan mengenai Pengertia KOnsep dasar Apa itu SEO dan Cara Kerja, Indikator serta Manfaat dari SEO.  Kami berharap dengan Anda telah membaca Artikel ini, Anda sudah mulai memahami dasar-dasar SEO, mulai dari pengertian hingga faktor-faktor utama yang mempengaruhinya.

Random Posts

3 thoughts on “Apa itu SEO? Pengertian, Manfaat dan Konsep Dasar Search Engine Optimize

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*