Apa itu Google Adsense dan Jenis Niche Apa Saja Yang Dilarang Google Adsense?

Apa sih Google Adsense itu? Niche Apa Saja Yang Dilarang Oleh Google Adsense?

Apakah Kamu masih pemula/newbe yang masih bingung bagaimana cara bisa mendapatkan uang dari Internet? Bagi Kamu yang hobi menulis dan masih menggunakan cara tradisional, artikel ini akan membuka pola pikir baru Kamu untuk bisa memanfaatkan hobimu menjadi Mesin penghasil uang dengan memiliki blogs atau website yang berisi karya tulis’mu… Yah benar, Kamu bisa mendaftarkan blogs / website Kamu sebagai publisher di Google Adsense dan menghasilkan uang darinya.

Memang tidak instan dan bisa langsung menghasilkan uang begitu saja, karena butuh banyak hal yang harus Kamu persiapkan sebelumnya walaupun nantinya kamu sudah berhasil diterima sebagai adsense publisher. Banyak faktor yang mempengaruhi agar kamu nanti bisa diterima dan juga agar penghasilan kamu juga lebih maksimal.

Selain Kamu harus membuat Konten yang Berkualitas dan bermanfaat bagi pembaca (user friendly), Kamu juga wajib mengetahu bagaimana Cara Optimasi SEO / Optimasi Mesin Pencari agar Artikelm bisa muncul dan terindeks oleh mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing dll.

Jadi, Apa sih Google Adsense itu?

Google Adsense adalah salah satu program periklanan online milik Google Inc. Program periklanan online ini menawarkan kepada siapapun para pemilik blogs atau website untuk menampilkan iklan Adsense sesuai tema / topiknya, dan saat pengunjung mengklik iklan yang tampil maka si pemilik yang terdaftar tersebut akan mendapatkan bayaran / komisi berupa uang sesuai tarif yang dikenakan.

Lantas darimana Uang yang kita peroleh dari Google Adsense berasal?

Google Adsense adalah sebuah program yang bisa menampilkan iklan di situs blogs / website Kamu, sesuai tema blogs / website yang Kamu daftarkan sebelumnya. Saat ada yang mengklik iklan yang muncul, maka Kamu akan mendapat bayaran.  Akan tetapi apakah Kamu sudah tahu dari mana asal uang tersebut?

Sebenarnya Anda tidak mendapatkan bayaran langsung dari Google Adsense, namun dibayarkan oleh orang yang memasang iklan lewat Google yang kita kenal dengan Google Adwords.

Google Adwords

Bagi siapapun yang ingin beriklan dan muncul di internet bisa mengikuti dan mendaftar via Google Adwords program. Google Ads merupakan salah satu program yang memfasilitasi dan menjadi wadah bagi siapapun yang ingin mempromosikan produknya via internet. Pengiklan diberikan kebebasan memilih jenis iklan yang ingin ditampilkan, seperti dalam bentuk gambar, teks dan video bahkan perpaduan dari semua jenis yang akan dipilih. Sistem pembayaran juga kita bisa memilih sesuai jenis iklan kita.

Jadi Google Adsense adalah tempat dimana para pemasang iklan menempatkan iklan mereka sesuai dengan tema / niche website para adsense publisher yang terdaftar dan terkonfirmasi oleh Google Adsense.

Besar kecilnya nilai pembayaran yang diberikanpun berbeda-beda dari setiap jenis iklan yang akan muncul.  AdWords biasanya akan melakukan sistem lelang kepada penggunanya, semakin tinggi tawaran yang diberikan pengiklan maka makin besar juga peluang untuk muncul di halaman 1 mesin pencari Google dan tentu juga semakin tinggi juga bayaran yang akan diterima oleh pemilik website / blogs jika ada pengunjung mengklik iklan yang muncul pada website / blogs mereka.

Sebagai Adsense Publisher, kita akan menerima bayaran dari setiap klik yang terjadi (CPC) dari iklan yang ada muncul di website / blogs kita. Perlu diperhatikan bahwa Google Adsense juga akan melakukan pengecekan keabsahan dari setiap klik yang terjadi. jadi tidak bisa sembarang kita lakukan klik sendiri atau mengajak dan meminta orang lain untuk mengkil iklan di website / blogs kita, jika sampai ketahuan kita bisa terkena pinalti dan banned yang akhirnya merugikan kita sendiri.

Google saat ini sudah dilengkapi oleh berbagai sistem keamanan untuk melindungi para pengiklannya sehingga Google tidak main-main akan hal itu. Setiap aktivitas akan terekam dan akan dicek terlebih dahulu oleh para team ahli yang bekerja di Google Adsense. Setiap aktivitas yang mencurigakan, cepat atau lambat pasti bisa terdeteksi oleh pakar Adsense yang ditugaskan untuk menjaga keamanan para pengiklannya.

Baiklah, sekarang Kamu sudah tahu darimana sih Kamu bisa mendapat bayaran dari pengunjung setia website / Blogs Kamu yang juga melakukan klik atas iklan yang ada. Pastikan Kamu untuk tetap menjaga kualitas konten dalam website / blogs kamu dan lakukan optimasi SEO supaya kamu bisa mendapatkan trafik organik dan blogs / website Kamu juga makin kebanjiran pengunjung.

Berapa Bayaran untuk setiap Klik Iklan Adsense?

Saat ini, meskipun Google Adsense menggunakan dollar sebagai mata uang utama, dan saat kita melakukan pengaturan dengan menggunakan bahasa Indonesia atau tetap menggunakan bahasa Inggris, namun saat negara kita mendaftar terbaca dari Indonesia, maka secara otomatis iklan yang akan muncul berasal dari pemasang iklan dari Indonesia dans esuai tema blogs / website kita.

Sekali lagi, jumlah uang yang bisa kita dapatkan per klik iklan adsense tetap tergantung pada jenis iklan, penawaran dan banyaknya jumlah klik iklan.  Bahkan juga Kamu bisa menemukan nantinya ada klik atas iklan tapi kita tak dapat bayaran karena jenis iklan tersebut bukan jenis iklan CPC / pay per klik atau kita bisa dibayar kalau ada klik iklan.  Prlu juga diketahui bahwa website / blogs dengan konten yang berbahasa Inggris dan atau bahasa asing lainnya tentu akan mendapatkan bayaran yang lebih tinggi daripada web / blog dengan konten menggunakan bahasa Indonesia.

Hal ini terjadi dikarenakan perbedaan tarif dari masing-masing negara saat pengajuan pemasangan iklan.  Pengung luar negeri juga sangat mempengaruhi bayaran atas klik iklan di Google Adsense Kamu. Semakin banyak pengunjung berasal dari Luar Negeri dan Konten kamu menggunakan bahasa Inggris peluang Kamu untuk mendapatkan bayaran lebih tinggi semakin besar.

Rumus Penghasilan Blog dari Adsense

Rumus perhitungan penghasilan yang Penulis bagikan di sini hanyalah sebagai gambaran dan pemikiran penulis saja. Sebenarnya semua kembali kepada rejeki kita masing-masing, karena semua sudah ada yang mengaturnya. Jadi jangan terlalu dipikirkan yah…cukup jadikan sebagai pengetahuan baru buat kita semua.

Misalkan pengunjung blogs Kamu rata-rata 2000 orang per harinya, kira-kira bera Rupiah potensi bayaran yang bisa Kamu dapatkan dari Andsense dalam 1 bulan?

Rumus:

Rp = PV x CTR x CPC

 

Rp = Penghasilan blog dalam Rupiah

PV (Page View) = Jumlah halaman blog yang dilihat pengunjung / visitor.

CTR (Click Through Rate) = Presentasi klik iklan pada blog.

CPC (Cost Per Click) = Biaya per 1 Klik iklan yang akan dibayarkan

 

Contoh:

Rp =?

Visitor = 2000 orang pengunjung per hari

PV = 3000 halaman

CTR = 1%

CPC = Rp. 500

Rp = PV x CTR x CPC

Rp = 3000 x 3% x 500

Rp = 45.000,- / hari

Jadi dalam 1 bulan penghasilan Blog Kamu adalah: Rp. 45.000 x 30 hari = Rp. 1.350.000,- / bulan.

JIka Rata-rata minimal Rp. 45.000,- setiap hari Kamu bisa menghasilkan minimal Rp. 1.350.000,- dalam sebulan, berarti ini sudah memenuhi syarat minimum pembayaran Google Adsense yaitu: Rp. 1.300.000,- / bulan atau setara dengan USD$ 100,- agar Kamu bisa mulai dapat Gajian dari Adsense.

Yang menjadi permasalah selanjutnya saat Kamu sudah diterima oleh Google sebagai Publisher Adsense adalah bagaimana Cara Meningkatkan Trafik Pengunjung Organik ke Website / Blogs Kamu supaya bisa meningkatkan Profit dan Penghasilan dari Adsense. Tidak sedikit juga yang frustasi saat ternyata penghasilan mereka sebagai Publisher Adsense tidak sesuai harapan mereka akhirnya melakukan hal-hal yang melanggar syarat yang telah ditetapkan Google dan tidak sedikit juga yang sudah kena banned alias dihentikan keanggotaannya.

Lantas, Apa saja yang bisa Kamu lakukan untuk meningkatkan Trafik pengunjung organik ke website / blog Kamu?

Langkah-langkah Meningkatkan Trafik Pengunjung

Tambah Jumlah Visitor Blogs / Website Kamu

Terus tingkatkan jumlah artikel dengan konten-konten berkualitas, fresh, original (bukan copast alias plagiat) dan juga isi yang bermanfaat. Jika blogs Kamu memiliki jumlah artikel berkualitas yang cukup maka Kamu akan terus memanjakan pengunjung setia kamu dan akan terus menerus kembali lagi karena berpeluang website / blogs Kamu bisa dijadikan sebagai referensi buat pengunjung dan secara sukarela mereka juga akan membagikan blogs / website kamu ke calon pengunjung yang lain.

Pastikan juga Kamu melakukan Optimasi Search Engine Optimize seperti Optimasi SEO Onpage, Optimasi SEO Offpage, dan Optimasi Metatags saat membuat artikel sehingga artikel tersebut dapat dengan cepat terindeks oleh mesin pencari seperti Google. Kamu juga bisa mempromosikan setiap Konten artikel kamu lewat social media seperti Fanspage Facebook, Facebook Ads, Instagram, Google Ads, PropellerAds Advertiser, WhatsApp dan social media lainnya…

Naikkan Page View (PV) Blog Kamu

Seperti yang sudah penulis sampaikan sebelumnya, bahwa semakin menarik dan berkualitas artikel yang kamu bagikan, akan mampu membuat pengunjung blogs kamu makin betah berlama-lama dan semakin tertarik ingin membaca artikel-artikel kamu yang lainnya. Tentu saja hal tersebut akan berpeluang meningkatkan angka PV kamu. Oleh karena itu, Niche atau tema juga berperan dalam peningkatan pengunjung ke blogs Kamu. usahakan jangan membuat blogs dengan tema yang gado-gado karena Adsense kurang menyukai blogs / website yang Gado-gado.

Naikkan CTR 

Pengunjung blog Kamu banyak tapi kok CTR rendah yah, kok bisa? Hal ini bisa saja karena kesalahan saaat Anda melakukan pengaturan / setting penempatan Iklan Adsense Anda. Saatnya Kamu juga harus mempelajari bagaimana Cara Menempatkan Iklan Adsense sehingga berpotensi untuk meningkatkan CTR dan berpeluang di Klik oleh pengunjung blog Kamu terlebih terlihat dengan jelas oleh pengunjung blogs kamu. Jika Kamu berhasil meningkatkan CTR maka peluang penghasilan Adsense Kamu juga akan bertambah.

Naikkan CPC

Mengapa blog dengan berbahasa Inggris atau bahasa asing lainnya akan berpotensi mendapatkan bayaran lebih tinggi dari blog yang berbahasa Indonesia? Sudah tentu dikarena blog berbahasa Inggris potensi pengunjung dari negara luar yang memiliki penghasilan lebih tinggi dan juga pengiklan dengan tarif lebih mahal dari pengiklan dari Indonesia.

Membuat Blog dengan bahasa inggris adalah pilihan yang tepat untuk menaikkan CPC blog Kamu.  Permasalahannya tidak semua blogger dari Indonesia yang mampu membuat artikel berbahasa inggris. Bagi yang bermodal besar dan siap berinvestasi pastilah akan berani membayar jasa penulis artikel berbahasa inggris. Solusi lain selain menggunakan jasa penulis artikel Kamu juga bisa menambahkan plugin penerjemah otomatis di blog Kamu. Sehingga saat ada pengunjung dari luar Negeri akan otomatis konten mengikuti bahasa dari negara asal pengunjung situs Kamu.

Multilingual Website Solution

Penulis di sini merekomendasikan menggunakan plugin GTranslate yang Premium / berbayar meskipun tersedia juga yang gratisan. Kenapa GTranslate Preimum? tentu saja karena selain bisa meningkatkan trafik pengunjung dari luar negeri, URL artikel anda juga akan menyesuaikan mengikuti terjemahan sesuai negara asal pengunjung atu bisa Kamu atur ke bahasa Inggris.  Bukan hanya itu saja, Artikel Kamu juga bisa langsung terindeks di mesin pencari Google dengan menggunakan bahsa Inggris dan atau pilihan bahasa sesuai negara visitor.

 

Niche Yang Dibenci oleh Google Adsense

Banyak di antara para blogger yang mengartikan niche / tema secara berbeda-beda. Apapun persepsi masing-masing orang tidak akan penulis bahasa di sini.  Menurut penulis sendiri, niche itu mudah dan pastikan sesuai dengan topik yang nantinya bisa kamu kuasai. Sehingga akan lebih memudahkan Kamu nantinya saat akan mempersiapkan artikel-artikel pilihan dengan menggunakan bahasa kamu dan terlihat lebih fresh dan natural.

Silahkan saja pilih salah satu tema yang paling kamu kuasai dan senangi, upayakan jangan gado-gado! Jika kamu pilih misalnya tema Kesehatan, fokuslah pada konten seputar dunia kesehatan jangan kamu juga ikut-ikutan membuat artikel seputar olahraga atau bola misalnya.  Atau misal Kamu menguasai bidang teknologi, jadi pastikan kamu akan membuat artikel seputar dunia teknologi, bisa membahas masalah Internet, Android, perkembangan komputer dunia iptek dll.

Sudah tahu kan apa maksud penulis dalam masalah pemilihan niche / tema blog atau website Kamu? Oh yah, Kamu juga perlu tau kalau ternyata ada beberapa niche yang dilarang oleh Google Adsense.  JIka salah satu dari niche tersebut di bawah ini ada apada blog dan atau website Kamu, sudah pasti sangat kecil kemungkinan pengajuan kamu ingin bergabung sebagai publisher di Google Adsense disetujui karena dianggap melanggar peraturan yang telah ditetapkan.  Lantas apa saja Niche / Tema yang tidak akan diterima oleh Google Adsense?

Berikut ini daftar niche / tema yang tidak memenuhi syarat Google Adsense:

Pornografi

Blog dengan niche pornografi tidak akan diterima oleh Google Adsense saat Kamu melakukan pengajuan sebagai Publisher Adsense jika ternyata blog Kamu mengandung unsur-unsur pornografi.

Narkoba dan Minuman Beralkohol

Jika Blog kamu diketahui mengandung unsur bahkan menjual belikan obat-obatan terlarang dan atau minuman beralkohol pasti langsung ditolak oleh Google Adsense. Apapun itu jenis obat-obatan dan minuman beralkohol dilarang keras untuk menjadi bagian dari Adsense publisher.

Gambling atau Jodi Online

Niche yang ketiga adalah mengandung unsur Judi online atau Gambling. Misalkan blog kamu mengadung unsur lotere, tebak skor sepak bola, permainan kartu online atau apapun jenis perjudian dilarang oleh Google Adsense.

Hacking atau Cracking

Google Adsense juga melarang niche blog yang berhubungan dengan hacking atau cracking bahkan juga yang berbau phising dan segala jenis pencurian data ilegal juga dilarang.  Karena dianggap melakukan tindakan kejahatan yang bisa merugikan orang lain.  Seperti apa sih konten yang mengandung tema ini? Misal Kamu membuat artikel yang membahas bagaimana cara membobol Windows, cara membobol ATM, cara Hack wifi tetanggamu dll.

Senjata

Niche yang selanjutnya yaitu mengenai senjata. Dalam hal ini, semua yang membahas masalah senjata akan ditolak oleh Google Adsense. Baik hanya berupa gambar, aplikasi, desain atau mengupas tuntas seputar senjata tertentu itu sangat dilarang oleh Google.

Penipuan

Niche yang keenam yaitu niche yang berbau penipuan.  Misal yang membahas Cara cepat dapat uang, Cara cepat kaya, investasi bohong dan apapun jenis penipuan lainnya.

Download Ilegal

Ada juga blogger dengan tema download masih bingung kenapa selalu saja ditolak oleh Google Adsense. Kenapa bisa sampai ditolak oleh adsense? Sekali lagi karena Google melarang segala bentuk kegiatan download ilegal seperti musik, film, aplikasi, sistem operasi dan lain-lain. Sekali lagi, Google sangat mendukung perlindungan atas hak cipta atas hal apapun yang memiliki hak cipta.

Terorisme dan Penebar Kebencian

Yang dimaksud dalam niche terorisme atau penebar kebencian disini bisa berupa informasi atau berita yang menyesatkan dan mengadu domba, berita-berita bohong bahkan informasi yang menyebarkan ajakan untuk melakukan kejahatan, menebarkan ketakutan bahkan ajakan untuk melakukan terorisme.  Apalagi kondisi politik saat ini, sering kali kita bisa menemukan banyak sekali konten-konten hoak dengan informasi-informasi yang menyesatkan.  Jika Kamu menemukan suatu blog / website dengan konten yang mengandung unsur pada niche ini, Kamu bisa kok ikut melaporkannya ke Google Adsense sehingga akan dilakukan pemeriksaan mendalam sebelum dilakukan pinalti atau banned permanen.

 

Kesimpulan

Demikianlah pendahuluan yang bisa penulis sampaikan dalam artikel kita kali ini.  Semoga pembaca sekalian bisa memahami apa sih Google Adsense itu, Dari mana kita mendapat bayaran, Bagaimana cara menghitung sistempembayaran Google Adsense dan jenis-jenis tema / niche blog apa saja yang dilarang.

Semoga Artikel pendahuluan ini bermanfaat sebelum kita melanjutkan ke pembelajaran berikutnya yaitu: Panduan Lengkap Langkah Demi Langkah Mendaftar Google Adsense.

Random Posts

3 thoughts on “Apa sih Google Adsense itu? Niche Apa Saja Yang Dilarang Oleh Google Adsense?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*