PANDUAN LENGKAP CARA OPTIMASI SEO OFF PAGE BAGI PEMULA

Panduan Lengkap Cara Optimasi SEO Off Page Untuk Tingkatkan Trafik Pengunjung

Off Page SEO adalah usaha mengoptimasi mesin pencari yang dilakukan dari luar website. Optimasi SEO Off Page juga perlu Kamu lakukan, karena mengoptimasi dari dalam website atau SEO OnPage saja tidak cukup untuk bisa mendapatkan peringkat yang tinggi di hasil pencarian.  Apalagi jika websitemu masih baru dan belum cukup audience, kecuali persaingan kata kunci yang kamu pakai cukup rendah.

Jika Anda belum memahami apa itu SEO, Silahkan baca terlebih dahulu Artikel kami yang berjudul: Pengertian, Manfaat dan Konsep Dasar Optimasi SEO.

Mengapa SEO Off Page Sangat Penting

Supaya Kamu bisa lebih memahami pentingnya SEO Off Page, Sinda Harjaya akan menjelaskan sedikit mengenai hubungan antara Search Engine dengan Link.

Mesin pencari seperti Google memiliki bot yang tugasnya untuk crawling di internet yang disebut Googlebot.  bot tersebutlah yang bertugas melakukan pergerakan dari satu web ke web lain menggunakan link yang dibuat di setiap halaman atau post blog / website Kamu.  Dari data yang berhasil dikumpulkan oleh Googlebot, maka tersusunlah index dan urutan peringkat suatu website / blog.

Dikarenakan Googlebot menggunakan link sebagai pusat navigasinya, maka website yang punya link dari luar akan mendapat perioritas yang tinggi.  Semakin banyak dan semakin tinggi kualitas link dari luar yang website Kamu miliki, maka semakin baik juga peringkat website Kamu.

Jadi begitulah alasan mengapa link dari website lain atau yang lebih dikenal dengan backlink memegang peranan penting dalam meningkatkan SEO website kamu.

Strategi Baclink Building Yang Salah

Off-page SEO juga memiliki sisi gelap. Masih saja banyak orang yang ingin menaikkan rangking website tapi malas untuk membuat konten yang berkualitas dan melakukan pemasaran, sebaliknya mereka hanya mengandalkan link building.

Memang benar kalau link building adalah penunjang konten website kamu.  Tanpa memiliki konten yang baik, sebaiknya Kamu jangan buat link building.  Karena selain percuma, hasilnyapun bisa jadi Kamu akan kena pinalti dari Google.

Proses link building yang bagus selalu berhubungan dengan pemasaran dan content marketing.  Jangan gunakan spam dan menggunakan bot atau software otomatis.

Ada backlink yang tidak disukai mesin pencari seperti Google karena sering disalahgunakan, yaitu diantaranya:

  1. Bertukar Link.  Cara yang populer dan sering dilakukan oleh para blogger sejak era pertengahan sampai akhir 2000. Bertukar link secara langsung sudah tidak lagi memberikan manfaat positif untuk saat ini.
  2. Membeli link & menggunakan jasa backlink. Membeli link memang memungkinkan bisa tingkatkan rangking dengan cepat tapi biasanya gak bisa bertahan lama.  Karena Anda bisa saja terkena pinalti dari Google.
  3. Komentar di blog & forum.  Ini juga cara yang salah.  Link yang Kamu dapatkan dari komentar di blog tidak memberikan manfaat yang besar.  Begitu juga dengan forum.  Karena kedua cara tersebut bisa menjadi lahan spam di blog kamu.
  4. Auto-approve link. Segala bentuk link yang tidak melalui moderasi dari pemilik website. Ini berarti link tersebut langsung tampil saat Kamu memasukkan alamat website Kamu.
  5. Menggunakan software bot. Ada beberapa software/tool yang bisa digunakan untuk mendapatkan link secara otomatis, tetapi link yang Kamu dapatkan berkualitas rendah dan justru bisa merusak website Kamu.
  6. Private Blog Network.  Artinya beberapa blog yang dimiliki oleh satu orang yang hanya digunakan sebagai ladang backlink ke website utama mereka.  Google juga secara aktif menghukum jaringan blog seperti ini.
  7. Spam. Dalam bentuk apapun, teknik spamming pasti tidak akan pernah memberikan manfaat yang positif untuk perkembangan website Kamu.

 

6 Cara Optimasi SEO Off Page

Sinda Harjaya akan membagikan 6 cara mengoptimasi SEO Offpage, yaitu:

  1. Link Building
  2. Listing Bisnis
  3. Brand Mention di Media Online
  4. Google Bisnisku
  5. Review
  6. Share di Media Sosial

1. Link Building

Link building merupakan salah satu faktor penting dalam offpage SEO.  Karena Google menggunakan algoritma bernama Page Rank.

Page Rank adalah algoritma yang bertugas untuk menilai kuantitas dan kualitas dari suatu backlink yang terdapat pada sebuah website.  Beberapa profesional dibidang SEO ada yang berkata kalau Page Rank sudah kadarluwarsa.  Akan tetapi faktanya Google mengkonfirmasi kalau Page Rank masih menjadi faktor yang digunakan oleh Google dalam menilai kualitas link suatu website.

Berdasarkan laporan dari Ahreft membuktikan kalau terdapat hubungan yang kuat antara jumlah inbound link / backlink sebuah website terhadap performa pada hasil pencarian.  Dapat dilihat seperti pada gambar berikut ini:

Ahrefs

Sumber: Ahrefs

Jika Kamu melihat gambar grafik di atas, kamu akan melihat kalau semakin banyak referring domain, semakin tinggi juga trafik organiknya.  Referring domain yaitu domain yang memberikan inbound link/backlink ke sebuah website.

Jadi Kamu perlu mendapatkan backlink/inbound link berkualitas agar bisa memperkuat offpage SEO kamu.  Untuk membangun link ada beberapa faktor yang perlu kamu perhatikan.  Setidaknya ada 5 lima faktor yang perlu Kamu perhatikan untuk membangun link kamu, yaitu:

1.1. Page Authority dan Domain Authority

Setiap link memiliki kualitas yang berbeda. Kualitas link dari sebuah website dapat diukur dengan skala Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA).

Domain Authority adalah kualitas sebuah profil backlink di sebuah domain secara menyeluruh.  Dapat diukur dengan skala 1 samapai dengan 100. Semakin tinggi angka DA, maka semakin baik kualitas link dari domain tersebut.

Page Authority adalah kualitas suatu link pada sebuah halaman / page tertentu. PA juga diukur dengan skala 1 sampai dengan 100.  Sehingga semakin tinggi angka PA sebuah halaman, maka semakin bagus juga kualitas link yang diberikan oleh halaman tersebut.

Pertanyannya sekarang, bagaimana cara kita mengetahui nila Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA) sebuah website?

Di sini Penulis merekomendasikan pembaca bisa menggunakan sebuah aplikasi seperti MOZ atau Ahrefs jika ingin mengetahui kualitas sebuah link di website Kamu.  Namun MOZ dan Ahrefs merupakan sama-sama aplikasi berbayar yang membutuhkan biaya jika Kamu mau menggunakan keseluruhan fasilitas yang dimilikinya.  Harga terendah yang ditawarkan berkisar 99 US Dollar per bulan. Harga yang cukup lumayan bukan bagi blogger pemula?

Kamu bisa kok gunakan dengan versi trial dari MOZ.  Kamu bisa mencoba jika hanya ingin memeriksa dan mengetahui kualitas lik maksimal sebanyak 10 kali secara gratis.  Sedangkan Ahrefs menyediakan fasilitas versi gratis uji coba selama 7 hari dengan paket harga terendah 7 US Dollar.

SS PA PAGE AUTHORITY (PA) DAN DOMAIN AUTHORITY (DA) SINDA HARJAYA
SS PA & DA Portal sindaharjaya.com

Jika dilihat dari gambar di atas, Kamu akan dapat membaca jumlah PA: 19, DA: 11 dan link: 28 untuk website www.sindaharjaya.com yang penulis kelola. Sebagai informasi tambahan bahwa website tersebut masih tergolong baru yaitu baru berumur 6 bulan tanpa mengunakan jasa SEO maupun Jasa Backlink sama sekali yang dibangun oleh Sinda Hasian Siadari selaku pemilik dan Pendiri Sinda Harjaya Group dan domain www.digitalmarketing.sindaharjaya.com ini adalah salah satu subdomain yang dibangun khusus untuk membantu siapapun yang ingin belajar Digital Marketing secara gratis dan bisa membangun mesin uang untuk menghasilkan passive income dari Internet dengan monetisasi blogs dan social media.

1.2. Dofollow dan Nofollow

Sebagai informasi yang harus Kamu ketahui bahwa tidak semua link yang akan terdeteksi oleh Google atau mesin pencari yang lainnya.  Google biasanya hanya akan mendeteksi link yang sifatnya dofollow.  Apa itu dofollow? Dofollow merupakan link yang terdeteksi oleh bot Google sehingga dapat meningkatkan kualitas authority sebuah website.  Secara default (umum), link pada sebuah website sudah diatur sebagai dofollow.

sebaliknya, nofollow link disertai dengan nofollow tag yang akan memberikan sinyak kepada Google untuk tidak mendeteksi link tersebut.  Jadi link yang memiliki sifat nofollow tidak mempengaruhi kualitas authority website Kamu.

Pertanyaannya sekarang adalah bagaimana cara untuk mengetahui mana link dofollow dan mana link nofollow? Sangat gampang!  Kamu hanya perlu memasang Chrome NoFollow.  Ekstensi Chrome yang satu inilah yang akan memberikan garis besar pada tautan-tautan yang bersifat nofollow pada website Kamu.

Rekomendasi Artikel Panduan yang juga wajib Kamu baca: Panduan Cara Membuat Link Dofollow dan Nofollow di WordPress.

1.3. Anchor text

Anchor text adalah teks yang berisi link dan bisa diklik oleh pengunjung website Kamu.  Google telah menyatakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kualitas pencarian yaitu anchor text.  Link yang memiliki anchor text yang sama persis dengan kata kunci yang akan ditargetkan dapat menghasilkan kualitas pencarian yang jauh lebih baik dibanding yang tidak memiliki link anchor text.

Memang benar kontrol atas achor text tidak bisa kamu lakukan pada website lain, kecuali Kamu memintanya secara spesifik kepada pemilik website.  Namun kamu tetap harus berhati-hati, karena terlalu banyak indound link/backlink dengan anchor text yang sama persis bisa kena pinalti Google.

1.4. Relevansi

Releansi bisa menjadi faktor penting yang juga harus Kamu perhatikan saat Kamu membangun backlink.  Usahakan agar Kamu bisa mendapat backlink dari website yang masih satu nice / tema dengan website Kamu.

Seperti website yang penulis buat ini adalah niche pendidikan.  Maka sebaiknya kita usahakan untuk mendapat backlink dari lembaga / instansi pendidikan, lembaga pelatihan dan kursus yang juga membahas masalah yang serupa.  Jangan sampai website Kamu banyak backlink dengan niche yang tidak sama atau serupa dengan niche website Kamu apalagi kulaitas dari backlink tersebut rendah akan berdampak buruk bagi website kamu.

1.5. Trafik

Faktor terakhir yang juga mesti kamu perhatikan saat membangun backlink adalah trafik.  Semakin tinggi sumber trafik backlink yang kamu dapatkan, maka makin besar juga peluang website kamu kebanjiran pengunjung dari link tersebut karena kemungkinan untuk mendapatkan klik juga besar.

Untuk tahu seberapa besar jumlah trafik sebuah website atau halaman secara spesifik bisa kamu gunakan aplikasi Ahrefs.

Kalau mau ideal, yang perlu kamu dapatkan adalah backlink yang berasal dari website yang memiliki authority yang bagus, memberikan link dofollow, memakai anchor text yang sesuai, relevan dengan niche website Kamu dan juga memiliki tafik yang tinggi.  Apakah Kamu bisa melakukan semua itu? Kalau Kamu bisa memiliki minimal dua saja itu sudah bagus.

Nah disinilah tugas Kamu, yaitu pilih Kamu mau pakai faktor yang mana dari kelima faktor di atas tadi.  Namun sekali lagi pastikan Kamu juga mempriotitaskan trafik yang besar dan jangan hanya fokus pada authority website Kamu.

 

2. Listing Bisnis

Jika website Kamu bisa terdaftar pada listing bisnis online juga akan sangat membantu SEO Off-page Kamu.  Kamu bisa memanfaatkan beberapa listining bisnis yang ada, misalnya: Trip Advisor, Zomato, GrabFood, Yellow Page, Kompas, Lembaga-lembaga Pelatihan, Lembaga Pendidikan dan Sertifikasi, dll sesuai Nice website kamu.

Sekali lagi, Pastikan Kamu jangan asal mendaftarkan website Kamu jika tidak sesuai dengan tema website kamu! Karena akan berdampak buruk bagi kesehatan website kamu kedepannya.

 

3. Brand Mention di Media Online

Berdasarkan pengalaman penulis setiap kali setelah melakukan kampanye atau kegiatan promosi dan atau sponsorship tertentu di acara-acara kegiatan bisnis maupun sosial, Bisnis yang Sinda Harjaya kelola akan mendapatkan brand mention dari media online tersebut.

Namun penyebutan brand tanpa link menuju website kita tidak berdampak langsung peningkatan trafik website kita. Akan tetapi dengan munculnya nama brand bisnis kita dalam kegiatan berbagai acara secara tidak langsung bisa meningkatkan keyakinan sesorang dan bisnis kita bisa semakin dikenal oleh orang banyak.

Memang secara kacamata SEO Off Page, meskipun nama bisnis kita disebut tapi tanpa link yang mengarahkan ke website kita tidak akan berdampak langsung membantu meningkatkan peringkat website / blog kita di mesin pencari seperti Google. Karena tidak bisa memberikan kontribusi langsung pada Authority maupun peningkatan trafik.

Meski demikian, Jangn kamu langsung kecewa.  Karena dengan adanya brand mention, artinya media online tersebut akan semakin familiar dengan bisnis kamu.  Kamu juga bisa menghubungi mereka dan meminta agar bisa menambahkan link ke website kamu pada artikel yang mereka bagikan di sosial media.

 

4. Google Bisnisku

Salah satu layanan Google yang tidak kalah populer yaitu Google Bisnisku.  Google Bisnisku adalah layanan listing bisnis yang bisa kamu daftarkan secara gratis.  Ini sangat bermanfaat khususnya jika Kamu ingin melakukan Optimasi SEO Lokal dan meningkatkan Kualitas SEO Off Page bisnis Kamu.

Dengan Kamu mendaftarkan Bisnis Kamu di Google Bisnisku, Bisnismu akan semakin mudah muncul di hasil pencarian lokal.  Selain itu bisni kamu juga akan muncul di Google Maps.  Ditambah lagi, bisnis kam bisa berpeluang muncul dalam kotak snack pack hasil pencarian Google.

Cara mendaftarnya juga mudah, kamu bisa mengikuti panduan lengkapnya mulai dari mendaftar hingga verifikasi di artikel Panduan kami yang berjudul: Panduan Lengkap Cara Mendaftar dan Verifikasi Google Bisnisku.

 

5. Review

Review / komentar mengenai produk dan bisnis Kamu juga bisa mempengaruhi peringkat SEO Off Page Kamu.  Riview yang penulis maksudkan di sini bukan hanya revisew dari Google Bisnisku saja tetap juga dari situs-situs review lainnya.  Semakin banyak yang memberikan penilaian positif maka semakin besar juga peranannya terhadap optimasi offpage SEO website kamu.

Namun untuk urusan yang satu ini, pelanggan sering kali malas untuk kasih review positif terhadap produk yang sudah mereka terima atau artikel yang sudah mereka baca.  Nah untuk mengatasi masalah ini, kita bisa adakan giveaway agar pelanggan termotivasi menuliskan produk bisnis kamu atau artikel yang kamu bagikan sesuai dengan target yang ingin kamu dapatkan review dari mereka.

 

6. Share di Media Sosial

Sekedar sharing informasi, Google secara resmi menyatakan kalau share di media sosial tidak masuk sebagai faktor ranking yang bisa mempengaruhi SEO website Kamu secara langsung.  Kemungkinan masalah ini terjadi dikarenakan mudah dimanipulasi.  Apalagi saat ini sudah banyak aplikasi dan jasa-jasa yang menjual like, follow dan share dengan harga yang terjangkau.

Lantas kenapa penulis tetap memasukkan share di media sosial sebagai salah satu langkah SEO Off-page? Karena dengan membagikan konten / artikel kamu lewat sosial media dengan cara yang asli, fresh dan original (tidak menggunakan aplikasi dan atau membeli like, share atau follower) penulis yakin masih memiliki pengaruh terhadap SEO Offpage website Kamu.

Penulis juga yakin, jika Konten yang Kamu bagikan memiliki nila jual yang sangat bermanfaat dan informasi yang ada didalamnya sangat dibutuhkan oleh orang banyak, tentulah dengan sukarela mereka akan menyukai dan juga ikut membagikan aryikel yang kamu share secara sukarela.  Semakin banyak yang membagikan artikel kamu secara sukarela lewat sosial media, semakin besar juga kemungkinan website kamu menguasai halaman 1 mesin pencari seperti Google.  Jadi walaun tidak bisa kita katakan Sosial media berpengaruh langsung pada optimasi offpage SEO website Kamu, Share via media sosial tetap wajib kamu lakukan.

 

Kesimpulan Cara Optimasi SEO Off Page

SEO Off Page sepertinya lebih sulit dilakukan dibanding kita melakukan optimasi SEO Onpage.  Karena sebagian besar faktor oofpage SEO tidak bisa kita kontrol sepenuhnya.  Semua kerja keras kita akan terbayarkan saat authority dan trafik website kamu meningkat setelah kamu menerapkan langkah-langkah optimasi SEO Offpage pada website kamu.

Jangan lekas berputus asa yah, pastikan optimasi Offpage SEO kamu sampai tuntas supaya kualitas SEO kamu juga bagus.  Kamu juga pastikan optimasi SEO Onpage kamu sampai tuntas. Jadi intinya benahi SEO onpage secara tuntas terlebih dahulu, baru kamu menerapkan optimasi SEO off page dengan maksimal. Jika Kamu masih bingung cara mengoptimasi SEO Onpage kamu bisa baca artikel panduan kami yang berjudul: Panduan Lengkap Optimasi SEO OnPage.

 

Random Posts

3 thoughts on “Panduan Lengkap Cara Optimasi SEO Off Page Untuk Tingkatkan Trafik Pengunjung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*