Panduan Cara Membuat Postingan Baru Via Dashboard Blogger

Panduan Membuat Postingan Baru di Blogger

Membuat posting atau artikel baru pada blog kamu adalah kunci dari keberhasilan blog kamu nantinya.  Dengan catatan kamu harus tahu bagaimana cara membuat Artikel yang berkualitas dan userfriendly, bukan hanya SEO friendly.

Usahamu akan sia-sia kalau kamu membuat posting artikel hanya mengejar SEO saja tetapi Artikel yang kamu posting tidak disenangi dan tidak dibutuhkan oleh pengunjung kamu. Baca artikel yang telah telah Sinda Hrajaya Posting sebelumnya yang berjudul: Panduan Lengkap Cara Optimasi SEO Onpage Bagi Pemula agar kamu lebih memahami kenapa kamu harus membuat artikel yang userfriendly dan bermanfaat serta harus bisa menjawab pertanyaan orang yang mengunjungi website / blog kamu.

Salah satu faktor yang bisa membuat blog kamu ramai pengunjung adalah dengan cara membuat artikel yang menarik, berkualitas, bermanfaat dan bisa menjadi solusi bagi pembacanya.  Jadi, jangan sembarangan membuat artikel apalagi main copy paste alias plagiat, karena saat kamu nanti akan mendaftarkan blog kamu sebagai publisher Google Adsense pasti akan ditolak dan tidak disetujui oleh GA karena blog kamu dinilai telah melanggar ketentuan dan persyaratan pengajuan sebagai publisher Adsense.

Cara Membuat Posting Artikel Baru Via Dashboard Blogger

Saatnya kita mulai membuat artikel baru melalui dashboard blogger kamu. Jika Kamu saat membaca artikel ini masih belum memiliki Blog dan baru pertama kali ingin membuat blog dengan Blogger dan baru pertama kali ingin mulai belajar agar bisa mendapat penghasilan sebagai publisher di Google Adsense, pastikan kalian membaca panduan lengkap cara membuat blog dengan blogger mulai dari awal supaya kalian memahami prosesnya. Pastikan kalian sudah membaca Artikel Kami yang berjudul:

  1. Mengenal Apa Itu Google Adsense Dan Niche Apa Saja Yang Dilarang Oleh Google Adsense.
  2. Panduan Cara Membuat Akun Gmail Baru Untuk Mendaftar Blogger Dan Google Adsense.
  3. Langkah Demi Langkah Cara Mendaftar Blogger Bagi Pemula.
  4. Mengenal Dashboard Blogger Untuk Pemula.
  5. Panduan Membuat Postingan Artikel Baru via Dashboad Blogger Bagi Pemula.

 

Jika melihat urutan pembelajaran kita di atas, berarti sekarang saatnya kita masuk ke Materi yang ke lima, yaitu Panduan Membuat Postingan Artikel Baru via Dashboad Blogger Bagi Pemula.

Mulai Membuat Postingan Artikel Baru

Berikut adalah Cara memulai membuat postingan atau artikel baru via dashboard blogger kamu:

  1. Silahkan masuk ke dalam halaman dashboard blogger kamu.
  2. Selanjutnya klik tombol Entri Baru.
  3. Kamu akan di arahkan ke laman posting baru seperti penampakkan gambah berikut ini:
  4. Buat Judul artikel baru kamu pada kotak yang penulis beri nomor 1
  5. Kemudian silahkan mulai ketik artikel kamu pada kotak yang penlis beri nomor 2
  6. Jika Kamu yakin artikel kamu sudah selesai dan siap untuk dipublikasikan maka langkah selanjutnya kamu bisa klik tombol yang bertuliskan Publish.
  7. Tapi, kalau kamu masih belum yakin artikel kamu siap untuk di publish atau masih ingin ada penambahan pada artikel yang sedang kamu buat dan kamu ingin melihat hasil sementara kamu bisa klik tombol Save terlebih dahulu kemudian kamu klik tombol Preview sesuai pada nomor 3 dan nomor 4.  Artikel Kamu akan tersimpan sebagai Draft yang bisa kamu buka kembali untuk dilanjutkan kapan saja.
  8. Jika Artikel kamu sudah siap dan sudah kamu publikasikan, maka artikel kamu akan langsung muncul di menu Postingan > Diterbitkan, tapi kalau masih dalam bentuk draft akan tersimpan di menu Postingan > Draft.
  9. Meskipun Kamu sudah publikasikan tetap kamu mau mengedit karena ada kata-kata yang mau ditambahkan atau dikurangi atau mau ditambahkan media lainnya, jangan khawatir! Kamu masih tetap bisa kok melakukan perbaikan dengan cara kamu masuk ke Menu Postingan > Diterbitkan kalau artikel kamu sudah sempat terbit dan atau masuk ke menu Postingan > Draft jika artikel kamu masih dalam bentuk Draft, kemudian kamu klik Judul Artikel yang mau kamu edit / perbaiki.  Jika sudah selesai jangan lupa klik tombol Publish.  Khusus untuk artikel yang sudah sempat diterbitkan dan kamu sudah klik Judul Artikel yang mau kamu edit, yang harus kamu lakukan adalah kamu bisa lakukan dengan 2 cara, Cara pertama yaitu saat kamu mengarahkan kursor ke judul artikel, akmu akan melihat 3 tulisan kecil pas di bawah judul artikel dengan tulisan Edit, View dan Delete. Silahkan Klik Edit.  Cara kedua yaitu kamu bisa klik judul artikel yang akan kamu edit, kemudian setelah kamu diarahkan ke artikel kamu, silahkan klik tombol Revert to Draft pas disamping tombol Update, selanjutnya silahkan mulai edit artikel kamu.

Mengedit dan Format Artikel

Panduan selanjutnya yaitu bagaimana cara Mengedit dan Format Artikel yang sudah sempat kamu Posting sebelumnya dan sudah dipublikasikan.  Berikut cara mengedit dan sekaligus memformat artikel yang sudah kamu publikasikan:

  1. Jika Kamu sudah sempat keluar / belum masuk ke dashboard, silahkan kamu masuk kembali ke dashboard blogger kamu.
  2. Klik menu Postingan > Diterbitkan, maka kamu kamu akan melihat Judul Artikel yang sudah kamu publikasikan dalam blog kamu.
  3. Silahkan geser mouse kamu ke bawah judul yang akan kamu edit. akan muncul link Edit, View (lihat) dan Delete (hapus) seperti cara pada nomor 9 panduan memulai membuat postingan baru di atas.
  4. Untk mulai mengedit silahkan klik Edit.
  5. Kamu akan diarahkan ke laman edit artikel atau postingan kamu seperti pada gambar berikut:
  6. Silahkan mulailah mengedit artikel kamu.
  7. Kamu juga bisa sekalian memformat ulang artikel kamu.  Misal kamu mau atur penulisan, font, ukuran, warna atau menambahkan media pada artikel kamu.

Untuk memformat artikel kamu caranyapun sangat mudah, cukup kamu blog tulisan yang akan kamu format ulang, kemudian pilih tombol performatan yang kamu inginkan.

Fungsi Lengkap Tombol Format

Saat kamu membuat posting artikel baru dan akan melakukan perbaikan dan atau memformat tulisan pada artikel yang telah kamu buat kamu akan menemukan tombol-tombol tepat di atas kotak penulisan artikel yang sedang kamu buat. Berikut ini fungsi lengkap dari tombol format yang nantinya bisa kamu gunakan:

  1. Compase: untuk menulis artikel dalam mode Compose (mode umum).
  2. HTML: untuk menulis artkel dalam mode HTML/Mode Script/Kode.  Mode ini diperlukan kalau kamu menulis artikel sambil menyisipkan kode HTML.
  3. Undo: mengembalikan ke sebelumnya kalau terjadi kesalahan.
  4. Font: untuk mengganti model huruf.
  5. Font Size: untuk mengubah ukuran huruf.
  6. Format: memberikan Heading, Sub Heading pada tulisan.
  7. Bold: memberi kesal tebal pada tulisan.
  8. Italic: memberi kesan miring pada tulisan.
  9. Underline: memberi garis bawah pada tulisan.
  10. Strikethough: memberi efek coretan pada huruf.
  11. Text Colour: mewarnai tulisan.
  12. Text Background Colour: Memberi efek stabilo.
  13. Link: menyisipkan/memberikan link pada tulisan.
  14. Insert Image: untuk menyisipkan atau memasukkan gambar ke dalam artikel.
  15. Insert a Video: unttuk memasukkan video ke dalam artikel.
  16. Insert Special Character: menambahkan karakter tertentu pada artikel.
  17. Insert Jump Break: Memisahkan Tulisan.  Biasanya digunakan untuk read more / baca selengkapnya.
  18. Alignment: untuk perataan paragraf.
  19. Numbered List: membuat nomor urut.
  20. Bullet List: membuat nomor urut dalam bentuk bullet/tanda.
  21. Quote: untuk membuat kotak CATATAN atau tabel keren.
  22. Remove Formating: untuk menghapus format pada tulisan.
  23. Check Spelling: melakukan cek ejaan.  Biasanya digunakan untuk artikel berbaha inggris.

Setelah kamu selesai membuat posting artikel dan melakukan perbaikan dan memformat tulisan artikel kamu, jangan lupa untuk kamu klik tombol Perbarui / Update supaya perubahan yang sudah kamu lakukan tersimpan.

Menyisipkan Media Gambar 

Saat kamu akan membuat posting artikel baru, agar artikel kamu tersebut tanpak menarik dan tidak membosankan, maka kamu juga perlu menyisipkan media gambar yang sesuai kedalam artikel kamu tersebut. Pastikan kamu jangan sembarangan menyisipkan gambar atau menyisipkan gambar yang berlebihan.  Karena semakin banyak gambar yang kamu sisipkan akan berdampak pada kecepatan blog kamu nantinya. Semakin besar ukuran gambar bisa memperlambat loading blog kamu, yang akhirnya akan membuat calon pengunjung kamu kesal karena lambatnya blog kamu saat dibuka akhirnya pengunjung membatalkan untuk membuka blog tersebut.  Jika hal ini terus terjadi maka akan berdampak buruk bagi SEO blog kamu. Jadi pastikan setiap gambar yang akan kamu sisipkan juga diopimasi, baik optimasi SEO maupun ukuran dari gambar tersebut.  Untuk proses Optimasi Media Gambar bisa kamu baca pada Panduan Artikel kami yang berjudul: Panduan Cara Minimize Ukuran Gambar dan Optimasi Gambar Agar SEO Friendly.

 

 

Menyisipkan Video

Membuat Internal Link

Membuat External Link

 

 

 

Random Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*